SDN Margorejo Tempel - Kondisi lingkungan yang kondusif sangat dibutuhkan agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Salah satu kondisi lingkungan yang sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan belajar mengajar adalah udara. Mungkin sebagian sekolah belum menyadari arti penting dari udara. Ada kemungkinan, sebagian besar pelaku kegiatan belajar mengajar cenderung menyepelekan fungsi udara yang bersirkulasi di sekolahnya.
Udara yang bersih dan banyak mengandung oksigen dapat meningkatkan kinerja tubuh dan otak manusia sedang kondisi udara yang tercemar oleh polusi, dipastikan kegiatan belajar mengajar akan terhambat. Fungsi tubuh dan kinerja otak yang menurun dan mengalami short-term memory akibat terpapar oleh polusi, akan menghambat proses belajar mengajar yang semestinya.
Dalam hal ini yang dibutuhkan oleh lingkungan sekolah agar tercipta kondisi udara yang banyak mengandung oksigen dan terbebas dari polusi udara, sehingga dapat menciptakan kondisi kondusif bagi kegiatan belajar mengajaradalah pohon.
Pohon adalah sumber kehidupan di muka bumi. Peran pohon sangat vital, karena pohon menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia. Selain menghasilkan oksigen, pohon pun mampu menyerap karbon yang tidak dibutuhkan oleh manusia. Polusi udara pun dapat teratasi apabila ada begitu banyak pohon di lingkungan kita. Oleh sebab itu, pohon harus ditempatkan sebagai salah satu faktor penting di lingkungan sekolah. Pohon harus dipandang sebagai salah satu faktor penentu kegiatan belajar mengajar yang kondusif. Dengan kehadiran pohon yang cukup banyak di lingkungan sekolah, dipastikan kinerja tubuh dan otak para pelaku kegiatan belajar mengajar menjadi maksimal.
Apabila posisi pohon telah diyakini sebagai salah satu faktor penting dalam proses kegiatan belajar mengajar, maka sudah saatnya sekolah dan para pelaku di dalamnya, untuk lebih memprioritaskan kehadiran pohon di lingkungan sekolah.
Mudah-mudahan, dengan tertanamnya pohon-pohon yang rindang di sekolah, dapat membawa perubahan kondisi lingkungan sekolah ke arah yang lebih sehat dan lebih baik.
Dengan adanya pohon-pohon yang menyejukkan dan menyegarkan, diharapkan kondisi paling kondusif yang diinginkan dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercapai maksimal.
Mudah-mudahan dengan tertanamnya pohon-pohon di lingkungan sekolah, dapat menghasilkan manusia-manusia hebat yang mampu membangun bangsa.
Mari menanam pohon di sekolah kita.